Penggolongan Komputer


.

         Penggolongan Komputer
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.
Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia.

1.    Penggolongan Alat Pengolah Data
Alat  pengolah  data  dari  sejak  jaman  purba  sampai  saat  ini  bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar:
1)      Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan  faktor  terpenting  dalam  pemakaian  alat  adalah  menggunakatenaga tangan manusia. Contoh : Abacus
Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saaini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji­bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.

 2)      Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
a)      Pascaline
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-­1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun,  menemukan apa  yania sebut  sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.


Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline,  menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit Alat   ini   merupaka alat   penghitun bilanga berbasi sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan.
Tahun  1694,  seorang  matematikawan  dan  filsuf  Jerman,  Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-­1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda­roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar­gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
b)      Kalkulator Mekanik(Arithometer)
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

3)      Peralatan  Mekanik  Elektronik:  Peralatan  mekanik  yang  digerakkan  oleh secara otomatis oleh motor elektronik
a)      Mesin Uap Differensiil
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-­1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan  kesesuaian  alaantara  mesin  mekanik  dan  matematika. Mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa  kesalahan;  sedang  matematika  membutuhkan repetissederhana  dari suatu  langkah­langkah  tertenu.  Masalah  tersebut  kemudain  berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik.
Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis.
b)      Analytical Engine
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage  tibtiba  terinspirasi untuk  memulai  membuat  komputer  general­ purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.
Asisten  Babbage,  Augusta  Ada  King  (1815-­1842)  memiliki  peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalamesin  dajuga  membuatnya  menjadi  programmer  wanita  yang pertama.
Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu­kartu perforasi (berlubang­lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.
Pada  1889,  Herman  Hollerit(1860­-1929)  juga  menerapkan  prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.

4)      Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik.  Pendekatan ini didasarkan pada  hasil  kerja George Boole (1815-­1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakasebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar­salah ke dalam sirkuit  listrik dalam bentuk terhubung­terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun  1940.  Namun  proyek mereka terhenti  karena  kehilangan  sumber pendanaan.

2.    Penggolongan Komputer
1)      Komputer Berdasarkan Data yang diolah
a)      Komputer Analog
Digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan parallel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, voltase listrik.

b)      Komputer Digital
Digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf & angka, karakter­karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer PC dll.


c)      Komputer Hybrid
Merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital. Contohnya: Facsimile

2)      Penggunaan
                  Berdasarkan penggunaannya komputer dibedakan menjadi 2 yaitu :
a)      Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan masalah yang khusus yg biasanya hanya berupa satu masalah saja. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, dan mumnya komputer analog adalah special purpose computer. Komputer ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses  industri seperti pabrik kimia, penyulingan minyak, pabrik baja serta untuk tujuan militer.


b)      Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dengan program-program yang bermacam-macam pula. Dibandingkan dengan special-purpose computer, kecepatannya lebih rendah. Dipakai untuk berbagai keperluan, untuk aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan, dsb. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, dan umumnya komputer digital adalah general purpose computer.

3)      Komputer berdasarkan Kapasitas dan ukurannya
Berdasarkan kapasitas dan ukurannya komputer dibedakan menjadi 6 yaitu :
a)      Tower (menara) adalah yang  biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja,  karena  ukurannya   yang  relatif  besar,   sehingga   memenuhi  meja. Komputer  ini  biasanya  banyak memiliki  ruang  didalamnya  dan  banyak memiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.
b)      Desktop (meja) adalah komputer yang ukuran sedikilebih kecil dari dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain.
c)   Portable (mudah dibawa­bawa) adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari Desktop,  karena bagian­bagiannya dapat  dirangkamenjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemana­mana. Komputer ini ditujukan bagi  pemakai  yang  sering  bertugas dilapangan,  misalnya  insinyur  yang bertugas menyelesaikan suatu rumah atau peneliti yang  mengumpulkan data dilokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang populer karena relatif besar dan berat.
d)     Notebook (buku catatan) adalah komputer yang ukurannya sebesar buku. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kerta kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hingga 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg

e)   Subnotebook adalah komputer yang ukuran ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.
f)    Palmtop  adalah komputer  yang  dapat  digenggam,  karena ukurannya  yang sangat kecil. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit  lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pemakai.

4)      Komputer berdasarkan Perkembangan Hardware
Berdasarkan perkembangan hardware, komputer terbagi dalam beberapa generasi generasi yaitu:
b)      Komputer Generasi Kedua (1959 - ­1964)
c)      Komputer Generasi Ketiga (1964 - 1970)
d)     Komputer Generasi Keempat (1970 - Sekarang)

Bagikan

Your Reply